Recent Posts

Welcome to English Mania Community. We can share everything about education in this blog. Let's save our country by mastering English.

Kamis, 10 Juli 2014

ABSTRAK INOVASI PEMBELAJARAN

ABSTRAK 
Bunyamin, S.Pd., M.Hum. NIP 197801092005011005, Tahun 2013. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLEGA BERBASIS PROYEK PEMBUATAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KOMPETENSI SPEAKING BAGI SISWA KELAS VIII.4 SMP NEGERI 1 SLAWI 

Masalah yang dihadapi penulis saat mengajar bahasa Inggris, khususnya untuk kompetensi speaking adalah ditemukannya kesulitan dari beberapa siswa dalam melakukan percakapan bahasa Inggris dan kurangnya kegiatan untuk berlatih pronunciation dan beberapa ungkapan yang digunakan sehari-hari yang mengakibatkan rendahnya aktivitas belajar dan kompetensi speaking. Sebagai guru bahasa Inggris penulis berusaha menghadirkan solusi berupa kegiatan yang sangat digemari dan biasa dilakukan siswa setiap hari di era modern ini yaitu dengan memanfaatkan alat-alat teknologi informasi seperti handphone, camera, handycamp, email, youtube dan lain-lain untuk kegiatan nonton video sebagai model yang dikemas dalam bentuk COLEGA (Cooperative Learning with Game) dilanjutkan dengan tugas yang cukup menantang berupa proses pembuatan video percakapan dalam kelompok. Tujuan karya tulis inovasi pembelajaran hasil penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan besarnya peningkatan aktivitas belajar dan kompetensi speaking bagi siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Slawi Semester 2, Tahun Pelajaran 2013/2014 setelah diterapkan model pembelajaran COLEGA berbasis proyek pembuatan video. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Slawi pada tahun pelajaran 2013/2014 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.4 yang terdiri atas 9 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pendekatan kerja yang digunakan dalam karya tulis inovasi pembelajaran ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Pada siklus I pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran COLEGA tanpa memberikan kebebasan bagi siswa untuk mencari setting rekaman video, sedangkan pada siklus II guru memberi kebebasan bagi siswa untuk mencari setting rekaman selama proses pembuatan video. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskriptif-komparatif yang dilanjutkan refleksi. Deskriptif-komparatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2, baik untuk aktivitas siswa maupun kompetensi speaking. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) persentase aktivitas belajar siswa meningkat dari kondisi awal 50% (kategori cukup aktif) menjadi 88% (kategori sangat aktif) pada kondisi akhir, 2) persentase jumlah siswa yang mencapai nilai kompetensi speaking ≥80 (KKM) meningkat dari kondisi awal 64% menjadi 88% pada kondisi akhir. Hal ini berarti hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa aktivitas belajar dan kompetensi speaking siswa kelas VIII.4 SMP N 1 Slawi semester 2 tahun pelajaran 2013-2014 dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran COLEGA berbasis proyek pembuatan video diterima. Saran yang dapat disampaikan melalui penelitian tindakan kelas ini adalah guru bahasa Inggris lain bisa menerapkan model pembelajaran COLEGA berbasis proyek pembuatan video karena dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kompetensi speaking. Kata kunci: Model Pembelajaran COLEGA berbasis proyek pembuatan Video,aktivitas belajar dan kompetensi speaking

0 komentar:

Posting Komentar