Recent Posts

Welcome to English Mania Community. We can share everything about education in this blog. Let's save our country by mastering English.

Jumat, 18 Juli 2014

RPP_COLEGA INOVATIF


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                      :  SMP Negeri 1 Slawi
Kelas                          VIII
Semester                   :  2
Mata Pelajaran          Bahasa Inggris
Genre                         :  Transactional and Interpersonal Conversation
Skill                            :  Speaking
Alokasi Waktu           :  6 x 40 menit (3 pertemuan)


A.  Standar Kompetensi
     Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal     sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

B. Kompetensi Dasar
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal  (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu.

C. Indikator
     Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
     1. melakukan percakapan (tanya jawab) tentang ungkapan meminta,     memberi, dan menolak jasa dengan ucapan dan intonasi yang benar      dan lancar.
     2. melakukan percakapan (tanya jawab) tentang ungkapan meminta,     memberi dan menolak barang dengan ucapan dan intonasi yang benar       dan  lancar.
     3. melakukan percakapan (tanya jawab) tentang ungkapan meminta,     memberi dan mengingkari informasi dengan ucapan dan intonasi yang     benar dan lancar.

D. Penanaman Karakter
     bekerja keras, komunikatif, kreatif, mandiri, dan tanggung jawab.
E.  Tujuan Pembelajaran
     Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
     1. melakukan percakapan (tanya jawab) tentang ungkapan meminta,     memberi, dan menolak jasa dengan ucapan dan intonasi yang benar     dan  lancar.
     2. melakukan percakapan (tanya jawab) tentang ungkapan meminta,     memberi dan menolak barang dengan ucapan dan intonasi yang benar          dan lancar.
     3. melakukan percakapan (tanya jawab) tentang ungkapan meminta,     memberi dan mengingkari informasi dengan ucapan dan intonasi yang     benar dan lancar.

F.  Materi
    a. Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan berikut :
      1.      A : Can you help me to bring this basket?
               B : With pleasure!
      2.      A : Pass me the hammer, please!
               B : Sure, here you are.
      3.      A : Give me the paper, please!
               B : Sure, here it is.
     b. Kosa kata terkait tema / jenis teks :
      Misal :          - pass            - large             - bargain                  
                           - give              - size              - price             - fixed
     c. Ungkapan kesantunan :
      Pass me the pencil, please!
      Give me the paper, please!
      d. Teks Dialog:
AT THE SUPERMARKET
A     : May I help you, Sir?
B     : Yes, I was wondering. Do you have any long sleeves  shirts?
A     : Yes, we do. Right here.
B     : How much does this cost?
A     : It’s 40,99
B     : What about this one?
          It’s a smaller size?
A     : The bigger one and the smaller one are the same price.
B     : What about these pants?How much are they?
A     : They are 33,50
B     : 33,50?
A     : What about this darker one?
B     : They are cheaper. They are sale this weekend only 24, 99.
          We also have suits for sale this week.

IN THE CLASSROOM
      A      : Can you help me move this table, please?
                 It’s is too heavy.
      B      : With pleasure. Come on. Where should we move it?
      A      : Hmmmm…. to the right side, near the white board.
      B      : O.K Let’s move it together.
      A      : Thanks. Pass me the hammer, please. I’m going to hang on                 this clock on  the wall.
      B      : I’m sorry. We don’t have any hammer, here. What about using                the stone?
      A      : Hmmm… It doesn’t matter.
      B      : All right. Wait a minute. Here you are.
      A      :Thank you.
      B      : You’re welcome.
e. Kosa kata terkait tema / jenis teks :
      Misal :          hammer                     move              heavy
                           hang on
f.    Ungkapan kesantunan :
      1. Of course, with pleasure
      2. Would you ...

G. Strategi Pembelajaran
     Pendekatan         : Scientific Approach
     Model                    : COLEGA Membatik Berbasis Proyek Pembuatan Video
(COoperative LEarning with Game)
 Think Pair Share, Inside Circle Outside Circle, Role    Play

H. Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan I
1. Pendahuluan (10 menit)
a.    Guru memberi salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa.
c.    Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran
d.    Guru menggali informasi tentang kegiatan yang telah dilakukan peserta didik.
e.    Guru membagun kembali pengetahun dasar siswa.
f.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti (60 menit)
Game Babak I (Watching Video)
Adaptasi Think Pair and Share (Frank Liman)
a.      Siswa berpasangan Mengamati Video dengan cara mengisi teks rumpang
b.      Guru mengumumkan pemenang game yaitu pasangan dengan skor tertinggi.
c.      Siswa Menirukan Video dan beberapa ungkapan percakapan.



Game babak II Circle Game
Inside Circle and Outside Circle (Spancer Kagan)
d.      Guru membagi kartu berisi teks dialog.
e.      Kelas membentuk lingkaran kecil dan lingkaran besar.
f.       Lingkaran kecil berperan sebagai buyer / student A dan lingkaran kecil berperan sebagai seller / student B dan seterusnya bergantian.
g.      Siswa yang tidak mendapat pasangan berperan sebagai camera man  untuk merekam seluruh kegiatan game babak II.
h.     Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menjadi the best couple dengan cara berdialog dengan pasangan yang dipilih di tengah-tengah lingkaran.
i.       Guru mengumumkan the best couple dan memberi penghargaan.
j.        Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 5 siswa dan membacakan aturan main proyek yang harus mereka kerjakan. (10 menit)
k.      Guru memberi kasus/situasi dialog yang harus dibuat oleh siswa di rumah melalui undian mengambil kartu yang ada di amplop.
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
    a. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
    b. Memberikan reinforcement cara mengucapkan ungkapan tertentu.
    c. Guru memberikan refleksi pembelajaran

Pertemuan II (Role Playing)  
1. Pendahuluan (10 menit)
a.  Guru memberi salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
b.  Guru mengecek kehadiran siswa.
c.   Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran
d.  Guru menggali informasi tentang kegiatan yang telah dilakukan siswa.
e.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti (60 menit)
     a.  Guru  memandu siswa mengedit naskah yang telah dibuat.
     b. Setelah naskah diyakini sesuai dengan yang diharapkan, setiap       kelompok     diberi kebebasan untuk memodifikasi setting dengan       mengambil tempat     berlatih di halaman sekolah yang cukup luas.
     c.   Siswa berlatih bermain peran sesuai dengan naskah yang telah direvisi           dalam     kelompoknya masing-masing.
     d.   Setiap kelompok mengirimkan dutanya masing-masing untuk           memperagakan     dialognya di depan kelas masing-masing.
     e.   Guru memberi masukan dan membahas kesalahan yang telah dibuat           oleh siswa untuk diperbaiki.
     f.    Guru mengadakan refleksi pembelajaran dan memberi tugas kelompok   berupa     pembuatan video percakapan dan memberi motivasi kepada   siswa dengan     cara memberitahukan kepada siswa bahwa untuk the   best video akan     memperoleh penghargaan dari guru.
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
     a. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
    b. Memberikan reinforcement cara mengucapkan ungkapan tertentu.
     c. Guru memberikan refleksi pembelajaran

Pertemuan III
       1. Pendahuluan (10 menit)
a.    Guru memberi salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa.
c.    Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran
d.    Guru menggali informasi tentang kegiatan yang telah dilakukan peserta didik.
e.    Guru membagun kembali pengetahun dasar siswa.
f.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2.  Kegiatan Inti
   (Final Game) English Mania Award
a.  Ajang pemilihan the best video dari lima nominator terbaik dari setiap   kelompok.
b.  Guru memutar video lima nominator dan setiap siswa berhak menjadi   juri vote lock dan memilih video terbaik.
c.   Guru mengumumkan the best video dan memberikan penghargaan.
d.  Guru mengadakan refleksi pembelajaran.

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
   a. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
   b. Memberikan reinforcement cara mengucapkan ungkapan tertentu.
   c. Guru memberikan refleksi pembelajaran

I.    Sumber/Media
     Buku teks yang relevan :
a.    Joko Priyana dkk, 2008. Scaffolding: English for Junior High School. Grade VIII,. Pusat Perbukuan Depdiknas.
b.    English Student Book Grade VIII Junior High School. Directorate General Management of Primary and Secondary Education 2009.
c.    Zaida, Noor. 2009. Mandiri: Practice your English Competence. For SMP/MTS Class VIII. Jakarta:Erlangga
d.    Media Berbasis TIK (Audio Visual, Power Point, Email, Camera digital, Handphone)
e.    Media Kartu berisi percakapan.

J.  Penilaian
a.     Penilain Proses
     Aktivitas siswa selama Pembelajaran Speaking berlangsung
     Teknik                        : Pengamatan
     Instrumen      : Lembar Observasi Aktivitas siswa dan Dokumentasi                          Foto  dan Video

b.    Penilaian Berbasis Proyek
Indikator Pencapaian
Teknik
Bentuk
Instrumen Penilaian
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
1. melakukan percakapan (tanya jawab) tentang ungkapan meminta, memberi, dan menolak jasa dengan ucapan dan intonasi yang benar dan     lancar.
2. melakukan percakapan (tanya jawab) tentang ungkapan meminta, memberi dan menolak barang dengan ucapan dan intonasi yang benar dan     lancar.
3. melakukan percakapan (tanya jawab) tentang ungkapan meminta, memberi dan mengingkari informasi dengan ucapan dan intonasi yang benar dan lancar.



Lisan


Unjuk Kerja Berbicara


Terlampir
                                                                                    Slawi,   21 Januari 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran



SLAMET, S.Pd.,M.Pd.                                            BUNYAMIN,SP.d,.M.Hum.
NIP. 19641115 198601 1001                                 NIP. 19780109 2005 01 1005








KISI-KISI PENYUSUNAN TUGAS PROYEK ( SIKLUS I )
Mata Pelajaran               :     Bahasa Inggris
Kelas / Smester              :     VIII / 2
Standar Kompetensi     :    9. Berbicara.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar   :  
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal  (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu.
Materi Pokok
Indikator
Penilaian
Jenis
Tagihan
Bentuk
Instrumen
 Instrumen
(Soal Nomor )
1.  A : Can you help me to bring this basket?
B : With pleasure!
2.  A : Pass me the hammer, please!
B : Sure, here you are.
3.  A : Give me the paper, please!
     B : Sure, here it is.
 b. Kosa kata terkait tema / jenis teks :
Misal :    - pass                             - large                         - bargain       
             - price                              - fixed
c. Ungkapan kesantunan
      Pass me the pencil, please!
      Give me the paper, please!

1.     Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak jasa dan barang dengan bahasa lisan.
2.     Merespon ungkapan meminta, memberi, mengingkari informasi dengan bahasa lisan.
3.     Merespon ungkapan meminta,memberi, menolak pendapat dengan bahasa lisan.
4.     Merespon ungkapan meminta,menerima, menolak tawaran dengan bahasa lisan.




Hasil Proyek
  Rekaman Video
(unjuk kerja rekaman video)

Pilihlah salah satu dari kartu instruksi untuk dipraktikkan dalam percakapan sederhana dalam kelompok untuk dijadikan video percakapan.
.


.



PEDOMAN / KRITERIA PENILAIAN ULANGAN HARIAN
( SIKLUS I )

Mata Pelajaran         :           Bahasa Inggris
Kompetensi Dasar  :          
9.1Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal  (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu.

Jenis Tagihan          :           Hasil produk proyek pembuatan video percakapan
Kelas / Semester      :           VIII / 2
Waktu                         :           40 menit

Pedoman / Kriteria Penilaian Ulangan ini berdasarkan rubrik berbicara Bahasa Inggris sebagai berikut:

NO
ASPEK
SKOR MAX
KRITERIA & RENTANG NILAI
Jelek
Kurang
Sedang
Bagus
Sempurna
1
Pronunciation
100
40-50
51-60
61-80
81-90
91-100
2
Grammar
100
40-50
51-60
61-80
81-90
91-100
3
Fluency
100
40-50
51-60
61-80
81-90
91-100
4
Content
100
40-50
51-60
61-80
81-90
91-100
5
Intonation
100
40-50
51-60
61-80
81-90
91-100
Nilai Maks (N)
NA    = Jumlah Skor
                    5            
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                       Guru Mata Pelajaran



SLAMET, S.Pd.,M.Pd.                                            BUNYAMIN,SP.d,.M.Hum.
NIP. 19641115 198601 1001                                 NIP. 19780109 2005 01 1005
Lampiran 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SIKLUS II
 





Sekolah                     :           SMP Negeri 1 Slawi
Kelas                         :           VIII
Semester                  :           2
Mata Pelajaran        :           Bahasa Inggris
Genre                         :           Transactional and Interpersonal Conversation
Skill                            :           Speaking
Alokasi Waktu         :           6 x 40 menit (3 pertemuan)

A. Standar Kompetensi
     Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal     sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

A.  Kompetensi Dasar
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal  (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu.

B. Indikator
     Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
     1. melakukan percakapan (tanya jawab) tentang ungkapan meminta,     memberi, dan menolak pendapat dengan ucapan dan intonasi yang     benar      dan lancar.
     2. melakukan percakapan (tanya jawab) tentang ungkapan menawarkan,     menerima/ menolak sesuatu dengan ucapan dan intonasi yang     benar      dan lancar.


C. Penanaman Karakter
     bekerja keras, komunikatif, kreatif, mandiri, dan tanggung jawab.
D. Tujuan Pembelajaran
     Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
     1. melakukan percakapan (tanya jawab) tentang ungkapan meminta,     memberi, dan menolak jasa dengan ucapan dan intonasi yang benar     dan  lancar.
     2. melakukan percakapan (tanya jawab) tentang ungkapan meminta,     memberi dan menolak barang dengan ucapan dan intonasi yang benar          dan lancar.
     3. melakukan percakapan (tanya jawab) tentang ungkapan meminta,     memberi dan mengingkari informasi dengan ucapan dan intonasi yang     benar dan lancar.

E.  Materi
    a. Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan berikut :
         1. Asking for Opinion:
             What do you think about?
              By the way, do you think....?
               What about....?
         2. Giving opinion:
               In my opinion....
               I think ......
         3. Offering and Rejecting Something
               Do you want ......
               Not this time.......
    b. Teks Dialog:
In The fashion shop
A       : Hello B
B          : Hi A. How are you doing today?
A          : I want to go to a fashion shop. Do you have time?
B          : Yes, I do. Why?
A          : If you don’t mind, can you accompany me?
B          : With pleasure. What is the name of the fashion shop?
A          : Fasha Fashion.
B          : Oh, I know.
A          : By the way, have you ever gone there?
B          : Yes, of course. Well, what do you want to buy?
A          : I want to buy a T-shirt. What about you? What do you want to buy?
B          : Hmmm… I don’t want to buy anything. I just accompany you.
A          : O.K Let’s go together.

(After A and B arrive in the fashion shop)

A          : Come on, please. I’m so confused to choose.
B          : Why? May I help you?
A          : Yes, I was wondering. What do you think of this T-shirt? Does it   suit me?
B          : Hmmm. I think it’s not good for you.  Because it’s too small for  you.
A          : Too small? I don’t think so. Hmmm, what about this one? What do you think of              this one? Does this suit me?
B          : Hmmm. I think it looks much more beautiful for you.
A          : Really? Oh, I think so. O.K. I will buy it.
(After buying T-shirt)
A          : Well, do you want to buy some food there?
B          : Hmmm. Not this time. Thanks.
A          : O.K. You’re welcome.

F.  Strategi Pembelajaran
     Pendekatan         : Scientific Approach
     Model                    : COLEGA Membatik Berbasis Proyek Pembuatan Video
(COoperative LEarning with Game)
 Think Pair Share, Inside Circle Outside Circle, Role    Play

G. Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan I
3. Pendahuluan (10 menit)
a.    Guru memberi salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa.
c.    Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran
d.    Guru menggali informasi tentang kegiatan yang telah dilakukan peserta didik.
e.    Guru membagun kembali pengetahun dasar siswa.
f.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

4. Kegiatan Inti (60 menit)
Game Babak I (Watching Video)
Adaptasi Think Pair and Share (Frank Liman)
a.      Siswa berpasangan Mengamati Video dengan cara mengisi teks rumpang
b.      Guru mengumumkan pemenang game yaitu pasangan dengan skor tertinggi.
c.      Siswa Menirukan Video dan beberapa ungkapan percakapan.


Game babak II Circle Game
Inside Circle and Outside Circle (Spancer Kagan)
d.      Guru membagi kartu berisi teks dialog.
e.      Kelas membentuk lingkaran kecil dan lingkaran besar.
f.       Lingkaran kecil berperan sebagai  A dan lingkaran kecil berperan sebagai B dan seterusnya bergantian.
g.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menjadi the best speaker dengan cara berdialog dengan pasangan yang dipilih di tengah-tengah lingkaran.
h.     Guru mengumumkan the best speaker dan memberi penghargaan.
i.       Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 5 siswa dan membacakan aturan main proyek yang harus mereka kerjakan. (10 menit)
j.        Guru memberi kasus/situasi dialog dengan memberi kebebasan kepada siswa untuk menentukan setting percakapan yang harus dibuat oleh siswa di rumah melalui undian mengambil kartu yang ada di amplop.
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
    a. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
    b. Memberikan reinforcement cara mengucapkan ungkapan tertentu.
    c. Guru memberikan refleksi pembelajaran

Pertemuan II (Role Playing)  
1. Pendahuluan (10 menit)
a.    Guru memberi salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa.
c.    Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran
d.    Guru menggali informasi tentang kegiatan yang telah dilakukan siswa.
e.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti (60 menit)
     a.  Guru  memandu siswa mengedit naskah yang telah dibuat.
     b. Setelah naskah diyakini sesuai dengan yang diharapkan, setiap       kelompok     diberi kebebasan untuk memodifikasi setting dengan       mengambil tempat     berlatih di halaman sekolah yang cukup luas.
     c.   Siswa berlatih bermain peran sesuai dengan naskah yang telah direvisi           dalam     kelompoknya masing-masing.
     d.   Setiap kelompok mengirimkan dutanya masing-masing untuk           memperagakan     dialognya di depan kelas masing-masing.
     e.   Guru memberi masukan dan membahas kesalahan yang telah dibuat           oleh siswa untuk diperbaiki.
     f.    Guru mengadakan refleksi pembelajaran dan memberi tugas kelompok   berupa     pembuatan video percakapan dan memberi motivasi kepada   siswa dengan     cara memberitahukan kepada siswa bahwa untuk the   best video akan     memperoleh penghargaan dari guru.
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
     a. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
    b. Memberikan reinforcement cara mengucapkan ungkapan tertentu.
     c. Guru memberikan refleksi pembelajaran

Pertemuan III
       1. Pendahuluan (10 menit)
a.    Guru memberi salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa.
c.    Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran
d.    Guru menggali informasi tentang kegiatan yang telah dilakukan peserta didik.
e.    Guru membagun kembali pengetahun dasar siswa.
f.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

3.  Kegiatan Inti
   (Final Game) English Mania Award
a.  Ajang pemilihan the best video dari lima nominator terbaik dari setiap kelompok.
b.  Guru memutar video lima nominator dan setiap siswa berhak menjadi   juri vote lock dan memilih video terbaik.
c.   Guru mengumumkan the best video dan memberikan penghargaan    berupa piala dan sertifikat serta mengupload video sebagai    penghargaan.
d.  Guru mengadakan refleksi pembelajaran.

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
   a. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
   b. Memberikan reinforcement cara mengucapkan ungkapan tertentu.
   c. Guru memberikan refleksi pembelajaran

H. Sumber/Media
     Buku teks yang relevan :
a.    Joko Priyana dkk, 2008. Scaffolding: English for Junior High School. Grade VIII,. Pusat Perbukuan Depdiknas.
b.    English Student Book Grade VIII Junior High School. Directorate General Management of Primary and Secondary Education 2009.
c.    Zaida, Noor. 2009. Mandiri: Practice your English Competence. For SMP/MTS Class VIII. Jakarta:Erlangga
d.    Media Berbasis TIK (Audio Visual, Power Point, Email, Camera digital, Handphone)
e.    Media Kartu berisi percakapan.

I.    Penilaian
a.     Penilain Proses
     Aktivitas siswa selama Pembelajaran Speaking berlangsung
     Teknik                        : Pengamatan
     Instrumen      : Lembar Observasi Aktivitas siswa dan Dokumentasi                          Foto  dan Video





b. Penilaian Berbasis Proyek
Indikator Pencapaian
Teknik
Bentuk
Instrumen Penilaian
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
     1. melakukan percakapan (tanya     jawab) tentang ungkapan     meminta,     memberi, dan     menolak pendapat dengan     ucapan dan intonasi yang     benar      dan lancar.

     2. melakukan percakapan (tanya     jawab) tentang ungkapan     menawarkan,   menerima/     menolak sesuatu dengan ucapan     dan intonasi yang     benar      dan lancar.



Lisan


Unjuk Kerja Berbicara


Terlampir
                                                                                    Slawi,      Februari 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran



SLAMET, S.Pd.,M.Pd.                                            BUNYAMIN,SP.d,.M.Hum.
NIP. 19641115 198601 1001                                 NIP. 19780109 2005 01 1005










KISI-KISI PENYUSUNAN TUGAS PROYEK ( SIKLUS II )
Mata Pelajaran               :     Bahasa Inggris
Kelas / Smester              :     VIII / 2
Standar Kompetensi     :    9. Berbicara.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar   :  
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal  (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu.
Materi Pokok
Indikator
Penilaian
Jenis
Tagihan
Bentuk
Instrumen
 Instrumen

1. Asking for Opinion:
    What do you think         about?
    What about?

    By the way,
   do you   think....?
   What about....?
2. Giving opinion:
     In my opinion....
     I think ......
 3. Offering and      Rejecting Something
     Do you want ......
     Not this time.......

1.    Merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat dengan ucapan dan intonasi yang benar.

2.    Merespon ungkapan menawarkan, memberi dan menolak sesuatu  dengan ucapan dan intonasi yang benar .


Hasil Proyek
  Rekaman Video
(unjuk kerja rekaman video)

Pilihlah salah satu dari kartu instruksi untuk dipraktikkan dalam percakapan sederhana dalam kelompok untuk dijadikan video percakapan.
.


.






PEDOMAN / KRITERIA PENILAIAN ULANGAN HARIAN
( SIKLUS II )
Mata Pelajaran         :           Bahasa Inggris
Kompetensi Dasar  :          
9.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal  (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu.

Jenis Tagihan          :           Hasil produk proyek pembuatan video percakapan
Kelas / Semester      :           VIII / 2

Pedoman / Kriteria Penilaian Ulangan ini berdasarkan rubrik berbicara Bahasa Inggris sebagai berikut:
NO
ASPEK
SKOR MAX
KRITERIA & RENTANG NILAI
Jelek
Kurang
Sedang
Bagus
Sempurna
1
Pronunciation
100
40-50
51-60
61-80
81-90
91-100
2
Grammar
100
40-50
51-60
61-80
81-90
91-100
3
Fluency
100
40-50
51-60
61-80
81-90
91-100
4
Content
100
40-50
51-60
61-80
81-90
91-100
5
Intonation
100
40-50
51-60
61-80
81-90
91-100
Nilai Maks (N) = 100
NA = Jumlah Skor diperolah
                    5
                                                                                    Slawi,      Februari 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                       Guru Mata Pelajaran



SLAMET, S.Pd.,M.Pd.                                            BUNYAMIN,SP.d,.M.Hum.
NIP. 19641115 198601 1001                                 NIP. 19780109 2005 01 1005


0 komentar:

Posting Komentar