RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
Sekolah : SMP
Negeri 1 Slawi
Kelas : VIII
Semester : 2
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Genre : Recount
Skill : Writing
Alokasi
Waktu : 6 x 40 menit (3 pertemuan)
12. Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional tulisdan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk
berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan dalam konteks akademik.
B. KOMPETENSI DASAR
|
12.2 Mengungkapkan
makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative secara
akurat, runtut dan berterima untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar
dan/atau dalam konteks akademik.
C. indikator
|
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran menulis para siswa diharapkan mampu untuk:
- Menyusun kata
acak menjadi kalimat yang baik dan benar
- Mengisi teks
rumpang dengan kata yang tepat
- Menulis teks personal
recount dengan bahasa yang akurat
dan berterima.
D. PENANAMAN
KARAKTER
|
E. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Menyusun kata
acak menjadi kalimat yang baik dan benar.
-
Mengisi teks rumpang dengan kata yang tepat.
-
Menulis teks personal recount yang berhubungan dengan pengalaman
saat perayaan hari besar nasional dengan bahasa yang akurat dan berterima baik
secara berkelompok maupun secara individu.
F. MATERI
|
1.
Social Purpose
Recount text is a text to tell the readers about
factual events/someone’s experience or about autobiography of someone.
2. Generic Structure
Orientation;
Series of events;
Re-orientation.
3. Grammar
Common grammatical patterns of a recount text include:
-
The use of simple past tense in verbal sentences.
-
The useof simple past tense in nominal sentences.
4.
Vocabulary
-
Some words related to thenational day celebration such as flag
ceremony etc.
5. Teks Rumpang
Orientation
On November 10
1945 Bung Tomo (1)……. Indonesian people from Surabaya, Maluku, Aceh etc to come
to a field in Surabaya. He wanted all
Indonesian people to listen his (2)…… speech.
EVENT ONE
All Indonesian people in Surabaya were (3) very… to listen his
patriotic speech. They realized that the British army had spread out some
leaflets to (4)...the Indonesian people to give all weapon that they got from Japan. They told that
Indonesian people had to give them the white flag to indicate that we had given
our independence to the Dutch.
EVENT TWO
After all young generation of Indonesian people listened to the
patriotic speech of Bung Tomo, they got new spirit. They felt that they had to
(1)...the independence and power that they had got. They, then (2)... up the
Dutch flag repeatedly in Yamato hotel.
Event three
Besides, Indonesian people also tried to kill the man who provoked
the Indonesian people to (1) … . They met together to kill the leader of
British army. With their unity and power, they succeeded to kill Malaby, the
leader of British army. Since then, the allies suffered from financial loss.
RE-ORIENTATION
Indonesian people were very (2)… of their country because they
could defend the independence that they got.
G. Strategi Pembelajaran
|
Modelling of
The Text :
Game
Babak I: Snow Ball Throwing Game
(adaptasai Snow
Ball throwing)
Joint
Construction :
Game Babak
II: Watching Video Game
Tegal Babak
III: Who Is The Class Star
(adaptasi dari Picture
and Picture dan Group Resume)
H. Kegiatan Pembelajaran
|
Pertemuan
I
1. Pendahuluan (10
menit)
1) Guru memberi salam dan mengajak siswa untuk
berdoa.
2)
Guru mengecek kehadiran
siswa.
3)
Guru menyiapkan LCD proyektor dan
membuka power point di laptop.
4)
Guru menyiapkan siswa untuk mengikuti kegiatan
pembelajaran
5)
Guru menggali informasi tentang kegiatan yang telah dilakukan siswa.
6)
Guru membangun kembali pengetahun dasar siswa.
7)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
(60 menit)
MODELING OF THE
TEXT
GAME BABAK I
(Snow Ball Throwing)
1)
Guru menjelaskan aturan game Babak II
2) Guru menanamkan pemahaman konsep generic structure teks recount
dengan menggunakan lagu seperti lagu “Sedang Apa-Sedang Apa”.
3)
Guru membagikan lembar kertas berisi soal teks rumpang dan jumbled
words
4) Seluruh siswa menyanyikan lagu recount text dan setiap
kelompok meremas kertas soal menjadi
bola dan melemparnya kepada kelompok lain setelah selesai bernyanyi
5) Siswa bekerja sama dalam kelompoknya masing-masing menjawab
soal-soal yang ada di kertas bola.
6)
Setiap kelompok membacakan jawabannya dan guru memberikan
penilaian.
7) Guru membahas jawaban setiap kelompok sambil memberikan contoh teks
recount yang ada di teks rumpang disertai dengan generic structure-nya.
8)
Guru mengumumkan kelompok pemenang game babak II.
9) Guru memberi tugas rumah untuk membuat kerangka lampion yang akan
digunakan pada pertemuan berikutnya.
3. Penutup (10 menit)
1)
Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan materi pelajaran
2)
Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi pengalaman
belajar.
3)
Guru menekankan pentingnya karakter kreatif kepada siswa.
4)
Guru memberi dan meminta masukan dan saran kepada siswa tentang
proses pembelajaran dengan cara membagikan lembar catatan harian.
5)
Guru memberi informasi kepada siswa tentang rencana kegiatan
pembelajaran pada pertemuan mendatang.
Pertemuan
II
1. Pendahuluan
(10 menit)
1)
Guru memberi salam dan mengajak siswa untuk
berdoa.
2)
Guru mengecek kehadiran siswa.
3)
Guru menyiapkan LCD proyektor dan
membuka power point di laptop.
4)
Guru menyiapkan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran
5)
Guru menggali informasi tentang kegiatan yang telah dilakukan siswa.
6)
Guru membagun kembali pengetahun dasar
siswa.
7)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti (60 menit)
JOINT
CONSTRUCTION OF THE TEXT
Game babak II (Watching
Video Game)
1) Guru membacakan aturan game babak II
2) Guru memutar vidoe upacara perayaan Hari Sumpah Pemuda di sekolah dengan
menggunakan LCD proyektor.
3) Guru membagikan gambar-gambar secara acak kepada setiap kelompok, sedangkan
siswa dalam kelompok diminta untuk mengurutkan gambar dengan topic sentence
yang sesuai (picture and picture) yang akan dipasang di lampion.
4) Siswa menjodohkan gambar dengan topic sentence yang cocok dengan
urutan yang logis.
5) Guru bersama-sama dengan siswa membahas gambar dengn topic sentence yang
cocok dengan urutan yang logis.
6) Guru kembali memutar video yang kedua kalinya untuk mempermudah siswa dalam
menulis kalimat pendukung.
7) Siswa secara berkelompok diberi tugas untuk menulis kalimat pendukung di
lembar kertas kosong yang akan dipasang pada setiap gambar/foto.
8) Guru memandu siswa menulis kalimat pendukung.
9) Siswa dalam kelompoknya masing-masing mulai memasang kerangka lampion
dengan lampunya.
10) Siswa mulai memasang kalimat-kalimat pendukung pada gambar yang sesuai
dan memasangnya pada kerangka lampion.
11) Guru mengumumkan kelompok pemenang game babak III yaitu kelompok yang
paling cepat mengantarkan lampionnya ke meja lampion dan berhasil
menyalakannya dengan ketentuan Tercepat I diberi skor 100, kedua, 90,
ketiga 80, keempat 70 dan kelimat 60.
3. Penutup (10 menit)
1)
Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan materi pelajaran
2) Guru
bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi pengalaman belajar.
3)
Guru menekankan pentingnya karakter kreatif kepada siswa.
4)
Guru memberi dan meminta masukan dan saran kepada siswa tentang
proses pembelajaran dengan cara membagikan lembar catatan harian.
5)
Guru memberi informasi kepada siswa tentang rencana kegiatan
pembelajaran pada pertemuan mendatang.
Pertemuan
III
1. Pendahuluan
(10 menit)
1)
Guru memberi salam dan mengajak siswa
untuk berdoa.
2)
Guru mengecek kehadiran siswa.
3)
Guru menyiapkan LCD proyektor dan
membuka power point di laptop.
4)
Guru menyiapkan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran
5)
Guru menggali informasi tentang kegiatan yang telah dilakukan
siswa.
6)
Guru membagun kembali pengetahun dasar
siswa.
7)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti (60
menit)
JOINT
CONSTRUCTION OF THE TEXT
Game babak III
(Who is The Class Star)
1)
Guru membacakan aturan game babak III
2)
Guru memberikan feedback berupa pembahasan tentang
kesalahan yang sering dilkukan oleh siswa yang meliputi grammar, puntuation
dll.
3)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk merevisi hasil
karya tulisnya dan ditempelkan di lampion yang telah dibuat.
4)
Guru menyuruh siswa untuk mempresentasikan hasil karya
tulis kelompoknya dengan menggunakan media lampion.
5)
Guru mengumumkan kelompok pemenang sejati, yaitu kelompok
dengan perolehan skor akumulasi paling tinggi dari game 1,2,3 dan 4.
6)
Guru mengumumkan siswa dengan presentasi paling baik dan
paling aktif selama pembelajaran berlangsung sebagai bintang kelas yaitu the class star.
7)
Guru memberi tugas rumah kepada siswa untuk menulis teks personal
recount dengan bahasanya sendiri-sendiri.
3. Penutup (10
menit)
1)
Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan materi pelajaran
2)
Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi pengalaman
belajar.
3)
Guru menekankan pentingnya karakter kreatif kepada siswa.
4)
Guru memberi dan meminta masukan dan saran kepada siswa tentang
proses pembelajaran dengan cara membagikan lembar catatan harian.
5)
Guru memberi informasi kepada siswa tentang rencana kegiatan
pembelajaran pada pertemuan mendatang.
I. Sumber Belajar/Media
|
Buku teks dan web yang relevan :
- Joko Priyana dkk, 2008. Scaffolding: English for Junior High School. Grade VIII,. Pusat Perbukuan Depdiknas.
- English Student Book Grade VIII Junior High School. Directorate General Management of Primary and Secondary Education 2009.
- Dokumentasi film perayaan hari Sumpah Pemuda di SMP Negeri 1 Slawi Tahun 2012.
- Zaida, Noor. 2009. Mandiri: Practice your English Competence. For SMP/MTS Class VIII. Jakarta:Erlangga
- Kamus Inggris – Indonesia, dan Kamus Indonesia – Inggris. John M.Echols.
- Media Audio Visual dalam Power Point
- Media lampion
J. Penilaian
|
1. Penilain Proses
Karakter KreatifSiswa selama pembelajaran menulis berlangsung
Teknik :
Pengamatan dan dokumentasi
Instrumen : Lembar Observasi karakter kreatif,
catatan harian siswa dan dokumentasi foto
2. Penilaian Hasil Karya Menulis Teks Recount Siswa
Indikator Pencapaian
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
Penilaian
|
Diberikan sebuah topik my experience on the youth pledge day
celebration siswa mampu untukMenulis teks personal recount dengan bahasa yang akurat dan berterima.
|
Penugasan Individu
|
Hasil
Karya Tulis berupa Teks Recount
|
Instructions:
·
Write personal recount about your experience on the youth
pledge day celebration.
·
You can write on your own paper.
·
You should pay attention to some aspects which are going to be
scored:
-content
-rethorical steps
-grammar
-tideness
|
Slawi, 2Januari 2013
Mengetahui,
KepalaSekolah Guru
Mata Pelajaran,
SLAMET, S.Pd.,M.Pd. BUNYAMIN,SP.d,.M.Hum.
NIP. 19641115 198601 1001 NIP. 19780109
2005 01 1005
0 komentar:
Posting Komentar