COLEGA BERBASIS PROYEK PEMBUATAN VIDEO:
UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SPEAKING
===========================================================
Oleh: Bunyamin
Guru SMP N 1 Slawi, E.M.C Founder
Bunyamin, S.Pd., M.Hum. NIP 197801092005011005, Tahun 2013. COLEGA BERBASIS PROYEK PEMBUATAN VIDEO SEBAGAI
UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI
SPEAKING BAGI SISWA KELAS VIII.4 SMP NEGERI 1 SLAWI, SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran speaking dengan menerapkan model
pembelajaran COLEGA berbasis proyek
pembuatan video, mendeskripsikan besarnya
peningkatan aktivitas belajar dan kompetensi speaking bagi siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Slawi Semester 2, Tahun Pelajaran 2013/2014 setelah diterapkan model
pembelajaran COLEGA berbasis proyek pembuatan video.
Penelitian
ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Slawi pada tahun pelajaran 2013/2014. Subjek
penelitian adalah
proses pembelajaran, aktivitas belajar, dan kompetensi speaking siswa
kelas VIII.4 yang terdiri atas 9 siswa laki-laki
dan 16 siswa perempuan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Pada siklus I pembelajaran dilakukan dengan
menggunakan model pembelajaran COLEGA
tanpa memberikan kebebasan bagi siswa untuk mencari setting rekaman video, sedangkan pada siklus II guru memberi kebebasan bagi siswa untuk mencari setting rekaman selama proses pembuatan video. Setiap siklus terdiri atas
empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan,
dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan
deskriptif-komparatif yang dilanjutkan refleksi. Deskriptif-komparatif dilakukan
dengan membandingkan data kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2, yaitu data
proses pembelajaran, aktivitas siswa, dan kompetensi speaking.
Berdasarkan
analisis data, diperoleh hasil penelitian 1) respon positif siswa terhadap proses pembelajaran meningkat dari 52%
(kurang kondusif) menjadi 96% (sangat kondusif) pada kondisi akhir, 2) persentase
aktivitas
belajar siswa meningkat dari kondisi awal 60%
(kategori aktif) menjadi 88% (kategori sangat aktif) pada kondisi akhir, 3) persentase jumlah siswa yang mencapai nilai
kompetensi speaking ≥80 (KKM) meningkat dari kondisi awal 64% menjadi 88% pada
kondisi akhir. Hal ini berarti hipotesis tindakan
yang menyatakan bahwa proses pembelajaran, aktivitas belajar, dan
kompetensi speaking siswa kelas VIII.4 SMPN 1 Slawi semester 2 tahun pelajaran 2013-2014 dapat ditingkatkan
melalui penerapan model pembelajaran COLEGA
berbasis proyek pembuatan video diterima.
Saran
yang dapat disampaikan melalui penelitian tindakan kelas ini adalah guru bahasa
Inggris lain bisa menerapkan model pembelajaran COLEGA berbasis proyek pembuatan video karena dapat menciptakan proses
pembelajaran speaking yang kondusif dan meningkatkan aktivitas belajar dan kompetensi speaking.
Kata kunci: Model Pembelajaran COLEGA berbasis proyek pembuatan
Video,
aktivitas belajar, dan kompetensi speaking
5 komentar:
Smg artikel ini bermanfaat bagi guru-guru dlm mengimplementasikan kurikulum 2013. Amiiin
Yg di SD gmn pak contohnya?
Aku msh bingung dengan pendekatan scientific approach di SD karena pembelajarannya tematik
It's inspiring many teachers
Terimakasih untuk posting yang sangat bermanfaat ini. Sangat menginspirasi dan membuat kami termotivasi agar bisa berprestasi seperti Bapak.
Posting Komentar